Rabu, 01 Oktober 2014

Cara Recovery Situs dari Google Pinguin




Pada saat ini merupakan era algoritma google panda dan pinguin, dimana para webmaster akan lebih berhati-hati dalam melakukan optimasi pada situs yang mereka kerjakan. Jika ada kesalahan dalam menerapkan strategi maka akan berdampak pada SERPnya. Bahkan meskipun taktik SEO yang dilakukan dirasa aman, tapi bisa saja dianggap kegiatan SPAM oleh google. Nah, lalu bagaimana cara mengembalikan website yang terkena dampak algoritma google pinguin? Jawabnya tentu tidak ada jaminan bahwa rank situs akan kembali bagus seperti sebelumnya. Tapi setidaknya kita bisa berusaha untuk melakukan cara-cara agar bisa sedikitnya membantu memulihkan atau recovery situs dari google pinguin meskipun secara perlahan-lahan dan bertahap. Berikut ada tips-tipsnya yang saya baca dari artikel sebuah website yang membahas tentang ini.

1. Melakukan perubahan pada onpage optimization situs
Onpage optimization adalah salah satu yang diperlukan dalam SEO, tapi jika terlalu berlebihan dalam melakukan optimization “onpage over optimization” maka situs sobat akan dianggap jelek dimata mesin pencari. Meskipun begitu belum ada kepastian bahwa situs seperti apa yang bisa dianggap sebagai kriteria “onpage over optimization”. Tapi dari berbagai sumber mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi keriteria “onpage over optimization” yaitu sebagai bearikut:

  •  Title tags yang berlebihan
  •  Head tags yang berlebihan
  •  Keyword Stuffing

2. Membangun kembali Backlink yang berkualitas
Jika sobat pernah melakukan backlinks yang berlebihan pada situs, maka sebaiknya perlu untuk melakukan perbaikan secepatnya dengan mengganti backlink baru yang berkualitas dan menghapus backlink yang buruk tersebut.

3. Membuat konten berkualitas dan original
Setiap mesin pencari selalu mengutamakan hasil pencarian web yang menyajikan konten terbaik bagi penggunanya dan mengesampingkan website yang buruk kualitasnya. Konten yang berkualitas tentu bukan konten yang dibuat seadanya, atau sekedar mengcopy seluruh isi dari web orang lain secara keseluruhan. Konten yang berkualitas baik itu yang paling diutamakan adalah tulisan atau hasil karya yang dibuat sendiri.

Kita semua tahu bahwa setiap mesin pencari selalu memperbaharui algoritma mereka, jadi sebaiknya terus melakukan pendalaman dengan mempelajari dan menguasai algoritma baru yang diterapkan dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar